Mengenai Saya

selamat datang di blog materi kuliah kesehattan lingkungan,, blog ini berisi tentang materi-materi kuliah yang ada di jurusan kesehatan lingkungan dan bertujuan mempermudah mahasiswa kesehatan lingkungan dalam mencari materi-materi kuliah. semoga blog ini bermanfaat bagi yang membaca, khususnya bagi mahasiswa kesehatan lingkungan sendiri..

Sabtu, 01 Januari 2011

HUBUNGAN TRIGATRA DENGAN KETAHANAN NASIONAL

Pendahuluan
KETAHANAN NASIONAL PADA HAKIKATNYA BERGANTUNG KEPADA KEMAMPUAN BANGSA DAN NEGARA DALAM MEMPERGUNAKAN ASPEK ALAMIAH (TRIGATRA) SEBAGAI DASAR PENYELESAIAN KEHIDUPAN NASIONAL

MASALAH
Meliputi apa saja hubungan TRIGATRA dengan KETAHANAN NASIONAL ?
POSISI & LOKASI GEOGRAFI INDONESIA
KEADAAN & KEKAYAAN ALAM
KEADAAN & KEMAMPUAN PENDUDUK

KETAHANAN BIDANG POSISI DAN LOKASI GEOGRAFI INDONESIA

Negara sebagai wadah bangsa Indonesia memilikiki batas wilayah tertentu yang membedakan antara negara Indonesia dengan negara – negara lain. Bangsa Indonesia memandang wilayahnya sebagai satu kesatuan yang utuh dan bulat dengan segenap isinya sehingga memberikan peluang bagi penggunaan segenap potensi dan sumber daya efektif yang berkaitan dengan posisi dan lokasi geografi Indonesia.

Perkembangan kajian posisi dan lokasi negara dapat dijelaskan sebagai berikut :
1. Negara yang seluruhnya berupa daratan atau negara sarwa atau serba daratan.
2. Negara pulau yaitu negara yang sebagian besar wilayahnya berupa daratan dan hanya memiliki wilayah laut yang sempit.
3. Negara kepulauan yaitu yang wilayah lautnya lebih luas daripada daratannya.

PENGARUH POSISI LOKASI GEOGRAFI
INDONESIA :
KE DALAM, MENAMPAKKAN BAHWA WILAYAH INDONESIA MERUPAKAN SATU KESATUAN YANG UTUH AN BULAT SERTA MANUNGGAL DENGAN SEGENAP ISINYA.

KE LUAR, INDONESIA TERLETAK PADA POSISI SILANG YANG MERUPAKAN ASET BANGSA YANG TAK TERNILAI HARGANYA NAMUN MENGANDUNG SUMBER BAHAYA YANG DAPAT TERJADI SETIAP SAAT.

GATRA KEADAAN DAN KEKAYAAN ALAM
Kekayaan alam adalah segala potensi dan sumber daya alam, baik hayati maupun non-hayati yang terdapat di bumi, air / laut dan udara di seluruh wilayah kekuasaan / yurisdiksi indonesia.

KEKAYAAN ALAM
KEKAYAAN ALAM HAYATI MELIPUTI SELURUH KEKAYAAN YANG BERSIFAT HEWANI ( FAUNA ) DAN NABATI ( FLORA )
KEKAYAAN ALAM NON-HAYATI TERDIRI DARI BERBAGAI MACAM HASIL TAMBANG, MINERAL DAN BENDA MATI LAINNYA.

Indonesia memiliki kekayaan alam
yang tak
terbatas segala - galanya

PERMASALAHAN
Bangsa indonesia menyadari bahwa belum semua kekayaan alam tersebut teridentifikasi secara jelas baik jumlah, sebaran maupun kualitasnya sehingga pemanfaatan selama ini cenderung belum dilaksanakan secara benar
A
K
I
B
A
T
Kekayaan alam yang masih bersifat potensial belum tersentuh sama sekali, sedang kekayaan alam yang bersifat efektif sudah habis atau hampir habis.
Indonesia belum menguasai teknologi eksplorasi, eksploitasi maupun pemberdayaan manusianya sehingga banyak diantara kekayaan alam itu dikuasai dan dicuri oleh bangsa asing.
Pemanfaatan alam harus senantiasa berdaya guna dan berhasil guna dalam mewujudkan masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila.

GATRA KEADAAN DAN KEMAMPUAN PENDUDUK
BIDANG KEPENDUDUKAN
1. Jumlah Penduduk
2. Komposisi Penduduk
3. Sebaran Penduduk
Jumlah penduduk dipengaruhi oleh kelahiran (fertilitas), kematian (mortalitas), dan migrasi.
Jumlah penduduk Indonesia yang lebih dari 250 juta ini, di satu sisi menguntungkan dan di sisi lain merugikan

menguntungkan: Potensi yang menguntungkan bagi masa depan bangsa Indonesia terutama dalam penyediaan tenaga kerja yang sangat diiperlukan untuk kegiatan produksi barang dan jasa.

merugikan: Menjadi beban bangsa Indonesia karena masih banyak pengangguran baik yang terbuka maupun terselubung.

KOMPOSISI PENDUDUK ADALAH TATA SUSUNAN PENDUDUK BAIK DARI SEGI UMUR, JENIS KELAMIN, AGAMA, SUUKU BANGSA, TINGKAT PENDIDIKAN MAUPUN PEKERJAAN UTAMA YANG ADA DALAM MASYARAKAT INDONESIA.
KESEIMBANGAN KOMPOSISI PENDUDUK AKAN BERPENGARUH TERHADAP KONDISI KETAHANAN NASIONAL ( TANNAS ) SECARA KESELURUHAN, SEHINGGA BILA SALAH SATU ATAU BEBERAPA UNSUR KESEIMBANGAN TERGANGGU MAKA SANGAT RENTAN TERHADAP TIMBULNYA BERBAGAI MACAM KONFLIK YANG MEMBAHAYAKAN KELANGSUNGAN HIDUP BANGSA DAN NEGARA.

PENYEBARAN PENDUDUK DAPAT DIPANDANG SEBAGAI KEBERADAAN PENDUDUK DI SETIAP WILAYAH YANG MENGGAMBARKAN KESEIMBANGAN PENDUDUK DI SELURUH PENJURU WILAYAH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar