Mengenai Saya

selamat datang di blog materi kuliah kesehattan lingkungan,, blog ini berisi tentang materi-materi kuliah yang ada di jurusan kesehatan lingkungan dan bertujuan mempermudah mahasiswa kesehatan lingkungan dalam mencari materi-materi kuliah. semoga blog ini bermanfaat bagi yang membaca, khususnya bagi mahasiswa kesehatan lingkungan sendiri..

Sabtu, 08 Januari 2011

MEWUJUDKAN TANNAS DALAM ASPEK SOSIAL

Panca gatra adalah aspek sosial (intagible) yang terdiri atas; ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya dan pertahanan keamanan

PENGARUH ASPEK SOSIAL Sosial = Pergaulan hidup manusia dalam bermasyarakat yang mengandung nilai-nilai kebersamaan, senasib, sepenanggungan, solidaritas yang merupakan unsur pemersatu

Ketahanan nasional dalam bidang sosial
Istilah sosial menunjukkan pada kemasyarakatan yang berkaitan dengan kerja sama manusia demi kelangsungan hidup

Integrasi nasional adalah titik tolak dan tujuan integrasi nasional dimana integrasi nasional lahir dari tujuan nasional yang berlandaskan pancasila sebagai ideologi bangsa.

Identitas nasional dalam arti sikap, perilaku dan gaya hidup bangsa indonesia merupakan”pengucapan” kepribadian nasional yang diekspresikan baik dalam bentuk system nilai yang dianut maupun dalam tingkah lahiriah.

Faktor-faktor yang mempengaruhi ketahanan nasional bidang sosial
Agama
ketahanan nasional akan semakin kuat apabila setiap umat beragama benar menjalankan kemurnian ajaran agamanya
Pendidikan, ilmu pengetahuan dan tehnologi.
berfungsi merubah sikap, tingkah laku dan nilai sosial ke arah yang dikehendaki.juga perkembangan ilmu pengetahuan dan tehnologi akan mempengaruhi kehidupan masyarakat.

Aspek Sosial Untuk mewujudkan keberhasilan ketahanan sosial warga negara Indonesia perlu: Kehidupan sosial bangsa dan masyarkat Indonesia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, rukun, bersatu, cinta tanah air, maju, dan sejahtera dalam kehidupan yang serba selaras, serasi.

diperlukan pembangunan kehidupan sosial yang terarah pada upaya untuk menumbuhkan dan mengembangkan kemajuan nasional.sehinngga timbul kehidupan yang selaras dan serasi dalam bidang pendidikan, agama, kebudayaan, kependudukan, pelyanan sosial, dan ilmu pengetahuan dan tehnologi.

Kesimpulan

Negara Indonesia merupakan negara yang solid terdiri dari berbagai suku dan bangsa, terdapat banyak pulau-pulau dan lautan yang luas. Bangsa Indonesia jika ingin mempertahankan Negara dari ganguan bangsa/negara lain, maka harus memperkuat Ketahanan Nasionalnya. Dengan memperkuat Ketahanan Nasional merupakan cara paling ampuh, karena telah mencakup banyak landasan seperti; Pancasila sebagai landasan ideal, UUD 1945 sebagai landasan konstitusional dan Wawasan Nusantara sebagai landasan visional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar